Kamis, 02 April 2015

Alternatif Pengganti Rockwool Untuk Tanaman Hidroponik

Teknik ini diajarkan oleh Mba Bertha Suranto di grup Rumah Hidroponik Bertha Suranto. Menyemai untuk hidroponik bukan dengan rockwool, tapi dengan limbah dari kelapa(sabut/cocofiber). Murah dan sangat mudah, pertumbuhan bagus serta ramah lingkungan.


Bahan yg diperlukan :
  1. Netpot
  2. Sabut kelapa/cocofiber
  3. Benih


Coba benih kangkung dan bayam dulu untuk para pemula. 
Caranya.

  1. Sabut dimasukkan dalam netpot seperti bikin sarang untuk burung, sebagai alas benih saja.

  1. Setelah itu potong sisa sabut kelapa (cocofiber) atas supaya rapih.
  1. Susun dinampan agar kelihatan rapi dan basahi dengan air serta nampan digenangi air sedikit.

  1. Tuang benih kangkung atau bayam bisa 10 atau 12 atau paling banyak 15 benih
  1. Langsung diamkan saja tanpa ditutup taruh diatas meja.
  2. 2 hari kemudian benih sudah berkecambah. Kalau air dinampang berkurang, silahkan ditambah, paling tidak tinggi air dalam nampan 1cm.
  3. 4 hari kemudian benih sudah mulai berdaun.
  4. Hari ke 6 sudah bisa dipindah ke sistim rakit apung tanpa sumbu. Sudah bisa diberi nutrisi khusus hidroponik 300ppm

  1. Hari ke 10 nutrisi bisa dinaikkan menjadi 500ppm
  2. Seminggu setelahnya nutrisi bisa dinaikkan menjadi 700 sampai 800 ppm
  3. Pada Usia 3 minggu tanaman kangkung sudah bisa kita panen.


Selamat mencoba....

50 komentar:

  1. halo, min. saya mau belajar hidroponik. untuk mengganti air dan nutrisinya dilakukan berapa hari sekali? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam.. Untuk penggantian nutrisi dilakukan hanya jika air nutrisinya berlumut atau kotor. Jika tdk cukup ditambahkan saja kalu sdh berkurang.

      Hapus
  2. Klo airnya udah berkurang di tambah

    BalasHapus
  3. Salam kenal untuk semua penggemar/peng hoby Hidroponik.
    Wow..muantaap.. (Y) bahan tsb banyak sekali di pasar atau di tukang kelapa.. makasih infonya.. salam sukses selalu.

    BalasHapus
  4. thanks info nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bisa jadi ilmu yang bermanfaat

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. terimakasih om ..bermanfaat banget ini oy kalo alat untuk mengukur ppm nutrisi itu gmna caranya ya ? n harga umum nutrisi kira kira beraapa ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama om.. Semoga bermanfaat ya..
      Alat untuk mengukur ppm nutrisi itu namanya TDS meter, cara pakenya sangat mudah, cukup alatnya dicelupkan kelarutan nutrisi nanti ppmnya akan terlihat pada layar monitor alatnya..
      Kalo harga nutrisi itu umunya seharga 20rb untuk kemasan kecil 250gr.

      Hapus
  6. kalou untuk benih semangka dan benih kentang caranya sama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya berbeda gan.. Semangka jenis tanaman merambat dan menghasilkan buah jadi memerlukan wadah yg lebih besar, sementara kentang jenis tanaman umbi butuh media tanam yg lebih banyak.

      Hapus
  7. pengen nyoba strawberry hidroponik, klo pake net pot kecil bisa g y??
    trus misal rockwool diganti spon bisa g??
    pake limbah botol gmna y caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berondongan nih pertanyaan. Saya belum pernah sukses nih nanam strawberry hidroponik, selalu gagal dan mati tanamannya. Mungkin karena tdk cocok dgn suhu ditempat saya (makassar). Jadi kalo agan mau mencoba silahkan saja gan. Saran saya sebaiknya jgn pakai limbah botol, karena botolnya gampang panas kalo terkena sinar matahari. Otomatis air nutrisi dlm botol juga ikutan panas. Sebaiknya pake system yg lebih canggih seperti NFT atau DFT. Soalnya strawberry agak rewel tanamannya.. Semangat ya gan selamat mencoba.

      Hapus
    2. hihihi... maklum newbie pake bgt,
      saya di daerah jatim, udh tanam strawberry sih, tp di polybag, udh buah jg...
      kemungkinan hidup kalo dipindah sistem hidroponik berapa peraen kira2...

      Hapus
    3. Wah keren dong kalo sdh buah. Silahkan dicoba aja gan dipindah ke system hidroponik, nanti hasilnya share disini ya.. :)

      Hapus
    4. ya dicoba dulu, wong saya jg blm pernah tanam hidroponik gan.. hehehe

      Hapus
  8. Hallo min. Boleh ngak rockwoll diganti dengan busa kasur bekas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga om goklas sinaga..
      Rockwool diganti dengan busa kasur bekas bisa juga gan.. Asal busanya bersih ya.. Trus airnya harus dijaga terus jangan sampai kering busanya, karena tanamannya bisa mati kalo busanya sampai kering.
      Selamat mencoba ya..

      Hapus
  9. waaahh,,, sangat membantu,, btw, buah atau sayuran apa saja yg cocok menggunakan media serabut kelapa ini om,, mohon pencarahannya,, pengen nyoba soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua jenis tanaman sayur dan buah cocok pak. Seperti tomat, cabe, terong dll. Tergantung system yg digunakan apakah cocok untuk sayuaran jenis daun atau yg jenis buah pak.

      Hapus
    2. iya om,, mkasih infonya,, trus kira2 tanaman/sayur apa yg kira2 gk trlalu bnyak makan tempat(jarak per tanaman) dan cepat masa panennya,, mohon info detailnya,,hehe

      trmaksih..

      Hapus
    3. Kalo cari yg seperti itu, tanam saja bayam atau kankung om.. Jarak tanam tdk terlalu jauh (10-15cm) usia panen juga pendek (25-30 hari).

      Hapus
  10. Terimakasih gan, saya hampir frustasi untuk mencari pengganti rockwool, padahal dengan busa/serabut juga bisa ya hehehe. Sekalian mau nanya, untuk pengganti nutrisinya itu pakai apa ya? Soalnya di daerah saya untuk pergi ke toko pertanian lumyan jauh gann. Mohon pencerahannya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk nutrisi alternatif sih agak susah ya gan.. Hidroponik itu harus selalu bergandengan dengan nutrisi ABmix. Ada juga nutrisi alternatifnya tapi tetap juga harus membeli ditoko2 pertanian. Jika sulit untuk mendapatkan nutrisi ABmix secara offline karena jarak, kenapa tdk mencoba belanja online. Silahkan main ke lapak saya untuk melihat2 perlengkapan hidroponik, siapatau ada yang nyangkut dihati.
      https://www.bukalapak.com/aldimumubuklap

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. Halo mau bertanya gan, cara di atas menjelaskan apabila sudah 10 hari nutrisinya bisa dinaikkan, bagaimana cara menaikkannya gan??

    BalasHapus
  12. 1 Lagi gan bagaimana cara mengatur ppm nya apabila ppmnya ingin di naikkan atau di turunkan??, maaf nubie banyak tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo om armin umair, jadi cara untuk menaikkan kadar nutrisi dalam air adalah dengan menambah pekatan nutrisinya, jadi jumlah nutrisi terlarut dalam air bertambah, sedangkan untuk menurunkan jumlah nutrisi terlarut cukup ditambah air saja. Untuk lebih mengetahui berapa jumlah nutrisi terlarut di dalam air digunakan alat ukur TDS meter.

      Hapus
  13. 10 benih kangkung tiap net pot atau gimana gan?
    Atau tiap 1 net pot 1 benih?

    BalasHapus
  14. 10-15 benih kangkung untuk setiap netpotnya om ndopar chi.. Selamat mencoba ya semoga berhasil

    BalasHapus
  15. Makasih jawabannya gan,, ada lg mau sy tanyakan moga agan gak keberatan, 1. apakah tiap tamanan memiliki ph dan ppm sendiri? Apabila iya, dri penjelasan diatas yg menaikkan ppm nya apakah td lewati batas kewajaran pemberian nutrisi? 2. tanaman menyerap nutrisi pasti nutrisi yg ada dalam wadah itu akan berkurang apakah ph dan ppmnya jg akan berkurang,, misalnya berkurang apakah nutrisinya harus ditambah?? Maaf nubie banyak tanya

    BalasHapus
  16. Sama-sama om, sy nd keberatan kok. Silahkan bertanya sepuasnya, jika sy mampu akan sy jawab semampu saya.
    Jadi betul yg om bilang tadi setiap tanaman itu memerlukan pH dan ppm nutrisi yg berbeda-beda. Kangkung ppm nutrisi maksimal yg boleh diberikan adalah 1000-1400 ppm jadi selama masih dalam range ppm nutrisi tersebut tanaman Kangkungnya akan tetap tumbuh sehat. Yang kedua, tanaman memang menyerap nutrisi didalam wadah, jumlah air yg bercampur nutrisi akan berkurang dikarenakan oleh penyerapan tanaman dan penguapan, jika berkurang maka kita tambahkan lagi air yg bercampur nutrisi, tentunya dengan kadar ppm nutrisi yg sesuai dengan jenis tanamannya. Sedangkan pH itu adalah kadar keasaman atau kebasaan suatu larutan, sifatnya beubah-ubah sesuai kondisi suhu larutannya. Jika panas karena terpapar matahari maka pH akan naik begitu pula sebaliknya. Demikian penjelasan sy om semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  17. Mkasih gan, jwabannya sangat mmbantu, klo ada kendala bleh yah gan sy nanya dsini lg, maaf merepotkan hehehe..

    BalasHapus
  18. wahh makasih ilmunya. saya mau tanya kalo untuk tanaman jagung itu bagainama mas? pake botol aqua gitu bisa gk? dan untuk nutrisinya apa boleh pake yng sayur daun? dan klo misalnya sama kekurangannya apa mas? makasih

    BalasHapus
  19. Wah.. Kalo tanaman jagung butuh tempat yg lebih besar gan.. Seperti wadah cat yg 25 kg itu. Untuk nutrisinya bisa diberikan bertahap, untuk masa pertumbuhan bisa menggunakan nutrisi daun dan diganti dengan nutrisi buah setelah tanaman memasuki masa generatih atau masa berbuah.

    BalasHapus
  20. Penggunaan sabut kelapa utk media tanam hidroponik apa mesti di proses dulu utk menghilangkan racun tanin nya? Jika di proses bgimn cara proses sederhana nya? Thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya diproses dahulu. caranya sederhana saja, cukup direndam air sampai warna airnya cukup bersih. awal direndam biasanya air berwarna coklat, buang airnya, dan ulangi prosesnya hingga airny kelihatan cukup bersih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  21. Mau tanya min itu untuk semai pakek serabut kelapa apakah butuh sirkulasi ari juga ? Kalo pakek air diam apakah bisa ? Mohon penjelasaannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk semai belum butuh air bersirkulasi, tapi kalo ada bisa lebih bagus

      Hapus
  22. Mau tanya nih min, kalau saya menggunakan air kolam ikan bagaimana yaa, jadi saya punya kolam ikan niatnya diatas kolam saya mau coba buat hydroponik bisa gak ya?
    Apakah masih perlu menggunakan nutrisi juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menggunakan kolam ikan bukan hidroponik lagi namanya tapi aquaponik, betul tidak butuh nutrisi lagi hanya mengandalkan kotoran ikan dan sisa pakan yg tidak dimakan, tapi harus menggunakan filter air untuk mengolah kotoran dan sisa pakan tadi menjadi nutrisi untuk tanamannya.

      Hapus
  23. Itu nutrisi mix AB kalau diikuti petunjuknya untuk campuran A& B masing masing 5 ml dicampur air aquadest sd. cuma 250 ml PPM nya hanya berkisar <200 PPM padahal di petunjuknya tdk demikian mohon pencerahannya bosqu terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. petunjuk yg mana dan nutrisinya abmixnya merek apa?

      Hapus
  24. Mantab ini detail sekali pemanfaatan serabut kelapa-nya, memang harusnya hidroponik mengurangi kebutuhan kita akan bahan ataupun nutrisi buatan pabrik, manfaatkan saja media-media di sekitar tanpa harus menggunakan buatan pabrik

    BalasHapus
  25. Jazakallah khairan. Semoga sehat dan sukses selalu.

    BalasHapus