Selasa, 17 Juli 2018

Ciri-ciri Bunga Jantan Dan Betina Pada Tanaman Melon dan Trik Penyerbukannya

Haii sobat Kebun Dzikri dipostingan kali ini kita akan membahas mengenai tanaman melon, bagaimana cara membedakan antara bunga jantang dan bunga betina pada tanaman melon dan proses peertumbuhan buahnya.

Yuk Langsung saja disimak...!







Foto Berikut adalah ciri-ciri dari bunga jantan dan bunga betina dari tanaman melon. Bunga jantan biasanya terletak pada setiap ketiak (pangkal) daun melon. dan bunga betina terletak pada batang cabang sekunder (Tunas pada ketiak daun) dan ada benjolan pada bawah kelopak daun, yang merupakan bakal buah melon. 


Foto berikut adalah cara mengawinkan bunga jantan dan bunga betina pada tanaman melon agar dapat menjadi buah. jika tanaman melon sobat berada didalam green house, maka tanaman melon sobat harus dikawinkan (dibantu untuk proses penyerbukan) karena tidak ada lebah atau serangga yang biasanya bertugas untuk membantu penyerbukan tanaman, seperti jika tanaman berada diluar green house. Jika pertumbuhan normal, usia 30 - 32 hss (hari setelah semai) bunga seudah mulai keluar, biasanya diawali oleh bunga jantan. 
Adapun cara mengawinkannya adalah dengan cara mengambil serbuk sari bunga jantan dan taburkan pada kepala putik bunga betina, pada saat  bunga betina mekar sempurna disaaat terik matahari sekitar pukul 09.00 pagi hari.


Apabila proses penyerbukan berhasil maka akan muncul buah melon seperti gambar-gambar dibawah ini.






Nah..! demikianlah sobat Ciri-Ciri Bunga Jantan dan Bunga Betina Pada Tanaman Melon Semoga bisa bermanfaat untuk sobat-sobat Kebun Dzikri sekalian.

Foto sepenuhnya milik om Heri Go Green Cidandur Hidroponik

9 komentar:

  1. mas itu kalo semisal tidak dikasih rambatan apakah bisa tumbuh lesehan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy belum pernah coba sih mas. mungkin sengaja digantung biar aman dari hewan2 seperti tikus dan yang lainnya.

      Hapus
  2. untuk bunga betina kira2 usia berapa ya keluarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh.. sy blm pernah hitung tuh om. mungkin sekitar 1.5 bulan - 2 bulan om.

      Hapus
  3. Mas racikan pupuknya ada gak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. racikan pupuk apa om? kalo untuk buah sepertinya sudah ada dipostingan2 sebelumnya.

      Hapus
  4. cara merawat ayam bangkok aduan biar juara di arena

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7837628-cara-melatih-ayam-bangkok-aduan-muda-agar-menang-terus

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  5. Oomm,, saya baru coba coba beli bineh melon, ternyata dari 5biji dalam 1 sasetnya yang tumbuh ada 3, lalu yang berkembang sisa 2, nah dari 2 tanaman itu ada yang berbuah 1 dan ada yang berbuah 2, kalau yang 1 memang melonnya cepat matang karena tidak berbagi nutrisi, memang setelah muncul buah itu keduan tanaman saya pangkas2 supaya nutrisinya tidak kemana mana, namun setelah berbuah itu yang buahnya 1 sepertinya layu dan akhirnya saya bungkus untuk rencanan tanaman melon berikutnya, namun yang melon berbuah 2 ini muncul tunas2 baru dan berbunga tapi tidak ada bunga betinanya?
    kira kira kenapa tidak muncul bunga betinanya yah oom? apakah karena saya pangkas pucuknya supaya tidak bertumbuh, atau memang masa hidup melon konon katanya cuma sekali berbuah yah?

    BalasHapus