Senin, 19 November 2018

Cara Mudah Membuat Minyak Daun Mint


Assalamu Alaikum sahabat..

Kali ini kami akan berbagi cara membuat minyak essential Mint dengan cara yang mudah dan sederhana dengan manfaat yang sangat besar.

Pernah dengan nama tanaman Mint atau Mentol.? Tanaman yang berbau khas dan rasa dingin yang menyejukkan dapat diolah menjadi berbagai produk olahan salah satunya dibuat menjadi minyak Essensial Mint yang dipercaya memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Yuk langsung saja disimak cara pembuatannya ya..

Siapkan alat dan bahannya ya?
1. Tanaman Mint yang sudah  tua dan siap panen


2. Gunting
Sumber : Beritacenter.com

3. Botol bekas selai
Sumber : livingloving.net

4. Saringan

5. Minyak Sawit, Sun Flower Oil atau lebih bagus jika menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil). 

Sumber : minyak-vco.com
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Gunting tangkai-tangkai daun minta yang sudah tua atau yang siap panen, kemudian ambil daunnya dan pisahkan dari tangkainya.

1. Masukkan daun mint kedalam botol bekas selai hingga penuh, lalu isi dengan minyak sawit atau minyak VCO atau bisa juga menggunakan Sun Flower Oil (Minyak bunga matahari). Pada dasarnya semua jenis minyak bisa digunakan, jadi silahkan dipilih minyak yang mudah sahabat dapatkan. 


2. Jemur daun mint dibawah sinar matahari langsung selama 10-15 hari, dengan posisi terbalik seperti gambar, agar daun mint tersebut bisa benar-benar terkena sinar matahari.


3. Saring Minyak daun Mint setelah 10-15 hari penjemuran. Minyak Daun Mint siap dipergunakan.

Hasil setelah 15 hari penjemuran

Proses Penyaringan 

Mint Essential Oil
Itulah cara mudah membuat Minyak Mint atau Mentol dengan alat dan bahan yang sederhana, tanpa proses yang susah sahabat bisa menghasilkan minyak Mint atau mentol yang memiliki berbagai manfaat seperti yang disebutkan pada artikel postingan Berbagai Manfaat Tanaman Mint.

Selamat mencoba ya sahabat, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sahabat sekalian.

7 komentar: