Senin, 21 November 2016

Kale Dan Berbagai Manfaatnya

Pict. Copy from Google
Kale merupakan sayur super yang kaya akan manfaat kesehatan, tidak kalah dari bayam atau brokoli. Kale (Brassica oleracea acephala) memiliki beberapa variasi jenis, ada yang berwarna hijau atau ungu kebiruan. Berbeda dari brokoli dan keluarga kubis lainnya, daun kale tidak membentuk kepala.

Kale (boerenkool) mulai dikenal oleh banyak orang. Anda dapat menemukan sayuran ini di dataran tinggi, tetapi tidak hanya didataran tinggi namun didataran rendah pun adnda dapat menemukannya dan dapat menanamnya sendiri. Berbeda dengan masyarakat Eropa, Jepang, dan Amerika, yang telah mengenal kale sebagai ratunya sayuran. 
Kale dapat dikonsumsi sebagai campuran salad maupun smoothies. Orang jepang sering menikmati sayur kale sebagai minuman jus yang disebut aojiru, yang dianggap sebagai minuman super untuk diet sehat.


Fakta Nutrisi Sayur Kale Daun kale memiliki hampir semua jenis vitamin, seperti : vitamin A, Thiamin, vitamin D, riboflavin, vitamin E, niasin, Vitamin B6, asam folat, vitamin C, kolin, dan vitamin K. 
Kale juga kaya akan berbagai mineral penting seperti : zat besi, mangan, magnesium, fosfor, dan garam seperti Na, K, dan Zn. Nutrisi lain dalam kale termasuk gula, lemak, protein, dan sedikit kalori.

10 Manfaat Menakjubkan Sayur Kale Bagi Kesehatan Nutrisi dalam bentuk makro maupun mikro, yang dikandung dalam sayur kale sangat lengkap. Berbagai nutrisi ini sangat menguntungkan bagi metabolisme tubuh. Jumlah nutrisi dalam kale sangat memadai untuk mencegah dan mengobati banyak penyakit berbahaya. 
Berikut ini beberapa manfaat kale bagi kesehatan:

  1. Menyehatkan Jantung Kale hanya memiliki 35 kalori, tanpa kandungan lemak. Kale sangat membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi, dan sehat bagi jantung anda. 
  2. Menyehatkan Mata Tiap 100 gram sayur kale segar menyediakan vitamin A sebesar 9500 IU. Jumlah yang sangat tinggi dan telah memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan penglihatan. Zeaxanthin dalam sayur kale diperlukan oleh retina sebagai antioksidan dan pelindung mata. Dengan mengkonsumsi sayur kale secara teratur dapat mencegah katarak pada orang tua.
  3. Melancarkan Pencernaan Kale dapat mencegah masalah yang berhubungan dengan pencernaan, seperti sembelit dan sulit untuk buang kotoran. Hal ini terkait serat tinggi yang ada di dalamnya. 
  
   4. Mencegah Anemia Daun kale banyak mengandung zat besi dan asam folat. Seperti diketahui, zat besi dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin sehingga mencegah penyakit kurang darah. 
   
   5. Mengatasi Penyakit Arthritis Makan sup kale dengan rutin dapat mengobati penyakit Arthritis. Hal ini disebabkan adanya senyawa anti inflamasi dan omega-3 dalam sayuran super ini. Sup kale juga baik dikonsumsi oleh penderita asma dan penyakit autoimun.

   6. Mencegah Penyakit Liver Kale juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh anda. Efektifitas ini disebabkan oleh kandungan sulfur dan serat yang melimpah. Perbanyak makan kailan untuk detoksifikasi sehingga mencegah penyakit liver.
   7. Mencegah Tulang Keropos Kale juga diperkaya dengan kalsium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sayur kale cocok dikonsumsi oleh wanita yang rentan terhadap osteoporosis, disebabkan kandungan kalsium dan vitamin K di dalamnya.
   8. Mencegah Kanker dan Alzheimer Sayur kale kaya akan fitonutrien dan vitamin K. Kedua nutrisi ini efektif untuk mencegah kanker, dan baik untuk pencernaan. Vitamin K juga penting untuk mencegah pembekuan darah, yang dapat memicu kerusakan saraf di otak seperti pada penyakit Alzheimer. Manfaat Sayur Kale Bagi Kecantikan
    9. Sangat cocok untuk diet Bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya masukkan sayur kale ke menu diet anda. Kale dapat disantap bersama salad sebagai makanan bebas lemak. Jumlah serat yang tinggi dan lemak yang rendah, menjadikan sayuran ini sebagai makanan diet terbaik. Sayur ini sangat rendah kadar kalori dan gula.
   10. Menyehatkan Kulit dan Rambut Sayur kale memiliki jumlah omega 3 dan vitamin E yang berlimpah. Keduanya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Dengan rutin makan sayur kale, rambut akan tumbuh lebih cepat dan kulit pun lebih cerah.
Penting: Rekomendasi oleh Dr Jeffrey Garber untuk tidak makan sayur kale dalam jumlah banyak dengan rutin. 
Kale tergolong ke dalam sayuran cruciferous, demikian juga brokoli dan kubis.Kale memiliki glucosinolate yang berpotensi untuk membesarkan kelenjar tiroid. Penderita batu ginjal sebaiknya juga menghindari sayur kale, karena oksalat di dalamnya. 
Jika anda bermasalah dengan batu ginjal, sebaiknya hindari juga bit hijau, bayam, okra, dan swiss chard.

Sumber asli: kinisehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar