Senin, 13 Maret 2017

Tutorial Cara Pembuatan Autopot System Hidroponik

Cabe Rainbow dalam system Autopot

Halo sobat Kebun Dzikri.. Apa kabar kalian semua.? Semoga sehat-sehat saja ya, tanamannya pun juga tetap subur dan sehat selalu..

Yuk kita membuat salah satu system hidroponik yang menurut saya cukup handal untuk tanaman buah sejenis cabai, melon atau jenis sayuran buah lainnya. yup.. Namanya autopot System.
Autopot system ini sebenarnya adalah system self watering yang memungkinkan tanaman ditinggal lama tanpa perlu menyiramnya, karena sudah tersedia air didalam pot itu sendiri..

Yuk kita lanjut saja masuk membahas mengenai cara pembuatannya.
Adapun peralatan dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan system ini adalah sebagai berikut:

Alat dan bahan

1. Botol toples bekas sosis
2. Pot dari bahan ember bekas es krim ukuran 8 liter
3. Media tanam (arang sekam dan cocopeat)
4. Kerikil-kerikil kecil
5. Pipa paralon ukuran 3/4 panjang kurang lebih 30cm (setinggi ukuran pot)
7. Bibit cabe Bolivian Rainbow (atau bibit sayuran buah apa saja yang ada)
8. Cable Tie untuk mengikat pipa paralon

Cara pembuatan 

  1. Persiapkan Botol toples sosis berikan lubang pada keseluruhan sisi dan bagian bahan botol seperti pada gambar

2. Persiapkan Styrofoam untuk penahan media tanam sekuran diameter ember pot dan lubang seukuran diameter botol sosis




3. Kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah setelah dipasang pada ember pot


4. pasangkan pipa paralon dengan cara mengikat paralon dengan cable tie pada dinding pot yang sebelumnya sudah dilubangi. pipa paralon ini berfungsi untuk tempat mengisikan air nutrisi kedalam pot, bisa juga sebagai tempat untuk mengukur ketinggian air nutrisi yang tersisa didalam pot.


5. Persiapan media tanam berupa campuran arang sekam dan cocopeat dengan perbandingan 1:1 (satu bagian arang sekam dengan satu bagian cocopeat)


6. Setelah medai tanam tercampur sempurna, kemudian diisikan kedalam ember pot tadi hingga penuh. Setelah penuh, masukkan bibit tanaman buah yg akan ditanam. Setelah itu isikan air nutrisi kedalam pot melalui pipa paralon, jangan lupa untuk memberi lubang pada sisi pot kurang lebih setinggi 10-15 cm dari dasar pot sebagai lubang over flow agar air didalm pot tidak meluap keatas ketika terkena hujan. 


 7. Terakhir masukkan kerikil-kerikil kecil sebagai penahan media agar tidak berhaburan ketika terkena hujan, bisa juga menggunakan kerikil hias berwarna-warni agar tampilan lebih menarik


Demikianlah sobat Kebun Dzikri tutorial cara pembuatan system hidroponik Auto pot System.  semoga bisa bermanfaat untuk sobat-sobat Kebun Dzikri semuanya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar