Selasa, 11 April 2017

Kascing Dan Segala Manfaatnya

MENGENAL KASCING (Bekas Cacing)


Pupuk Organik sistem Vermikompos

Kascing merupakan singkatan dari “Bekas Cacing”, yaitu merupakan salah satu jenis pupuk organik. Kascing adalah pupuk organik yang berupa kotoran cacing yang telah dikeringkan.Seperti kita ketahui cacing berperan penting dalam dunia pertanian yaitu dapat menyuburkan tanah.

Lahan yang banyak terdapat cacing menandakan bahwa lahan tersebut subur.
Manfaat cacing sendiri di dalam tanah yaitu menaikkan pH tanah yaitu dengan cara memakan tanah dengan pH rendah kemudian mengeluarkannya dengan pH kisaran normal. Selain itu cacing sendiri dapat menggemburkan tanah. Karena begitu banyak manfaatnya di dunia pertanian kini kotoran cacing juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai pupuk organik dan media tanam.

Pupuk organik kascing dapat diproduksi dari campuran limbah ternak dan sisa tanaman dengan bantuan cacing. Pupuk kascing mengandung auksin yang berguna merangsang pertumbuhan akar.

Oleh sebab itu, dewasa ini pupuk kascing menjadi favorit dikalangan para petani karena terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kualitas produksi tanaman, entah itu sayuran atau buah-buahan. Kascing atau vermicompost merupakan hasil yang didapatkan dari metabolisme tubuh cacing atau yang dikenal secara umum dengan nama kotoran cacing tanah.

Kascing atau vermicompost ini sangat kaya akan unsur hara yang dibutuhkan bagi kesuburan tanah. Kascing mengandung unsur hara yang lengkap, baik unsur kimia makro dan kimia mikro yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Hal ini disebabkan karena kascing tersebut dalam prosesnya telah mengalami dua kali proses penguraian.

Pertama, terjadi karena peran penting dari bakteri, yaitu saat sebelum dikonsumsi oleh cacing.

Kedua, terjadi karena peran oleh cacing itu sendiri, yaitu saat berada dalam perut cacing lalu mengalami penguraian lewat proses metabolik. Maka tidak salah kalau kemudian kita dapat mengatakan bahwa cacing adalah merupakan salah satu Bio Degradable Engine.

Manfaat  Pupuk Kascing
Pupuk kascing yang telah jadi atau siap untuk digunakan, memiliki manfaat yang sangat tinggi, baik bagi tanah maupun bagi tanaman. Beberapa manfaat pupuk kascing adalah :
*Dapat meningkatkan pertumbuhan, baik vegetatif maupun generatif untuk tanaman hias, sayuran dan buah buahan.
*Dapat memperbaiki dan meningkatkan penampilan tanaman sehingga menjadi lebih eksotis (warna bunga, tekstur dan postur pohon)
*Sangat baik untuk digunakan sebagai campuran media tanam pada persemaian.
*Mengandung hormon yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah

foto dan isi artikel sepenuhnya milik akun facebook arang sekam makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar