Selasa, 03 April 2018

Cara Mengatasi Kutu Putih Pada Tanaman


Daun yang terkena kutu putih
Salah satu hama yang paling banyak dikeluhkan para penggiat kebun rumahan adalah kutu putih atau sering disebut dengan kutu kebul.

Hama ini selain memiliki lapisan lilin untuk melindungi tubuhnya dari berbagai serangan, (termasuk insektisida). 
Juga selalu bersembunyi dibawah daun, sehingga aman jika hanya disemprot dari arah luar. Hama ini menyerang daun tanaman dengan cara menghisap cairan di dalam daun yang dapat mengakibatkan daun muda tumbuh keriput dan bahkan kering hingga akhirnya gugur.

Ada beberapa referensi untuk mengatasi hama ini, termasuk dengan cara menyemprotkan detergen untuk menghilangkan lapisan lilin pada kulitnya.

Untuk kasus seperti ini, biasanya ditangani dengan penyemprotan pestisida nabati, hasil fermentasi Bawang putih, serei dan tembakau. Tidak hanya sekedar di semprot, tetapi juga langsung dilakukan pembasmian dengan cara mengusap dengan menggunakan tangan.

Semprot sambil usap dibawah daun, pastikan semua kutunya ikut hilang, untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya di ulang setiap pekan hingga betul betul habis.

Adapun bahan dan cara Pembuatan pestisida nabati ini adalah sebagai berikut:

1. 5 Siung bawang putih
2. 3 batang Serei
3. 2 batang rokok kretek untuk diambil tembakaunya.

Tumbuk dan haluskan semua bahan, lalu masukkan ke dalam botol air minum kemasan 1,5 L, lalu tambahan air hingga penuh.

Cara pengaplikasian:

Dosis yang digunakan sebaiknya sedikit tetapi intensitas penyemprotan ditambah. Karena efek dari tembakau ini jika doaianya berlebihan bisa membuat daun menjadi kering seperti terbakar.
untuk satu liter air biasa hanya dicampurkan 2-3 tutup botol air hasil fermentasi, lalu disemprot 2-3 hari secara berturut turut hingga benar-benar hilang.

Karena ada banyaknya referensi, yang ada seperti misalnya hanya menggunakan bawang putih, bawang putih dengan tembakau, bawang putih dengan serei, daun pucuk pepaya, daun pucuk sirsak, cabe bubuk, jahe,  kunyit. Intinya, bahan yang memiliki bau yang menyengat. maka kami sarankan, campur saja semua bahan yang paling mudah kita dapatkan.

Nah Sobat Kebun Dzikri, itulah cara mengatasi kutu putih pada tanaman, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar