Kamis, 26 Maret 2015

Teknik Semai Hidroponik

Teknik Semai Tanaman Hidroponik

Posting kali ini kita akan membahas teknik menyemai bibit tanaman hidroponik. Teknik semai ini diajarkan oleh seorang teman di Sosial Media Facebook bernama Taman Hydro. Semoga bisa berberkah.

Yuk langsung aja kita mulai.
  • Siapkan bibit yang akan disemai, wadah untuk merendam bibit, 1 siung bawang merah diparut dan setengah cup air suam-suam kuku.


  • Masukkan beberapa seeds/bibit yang akan disemai kedalam wadah kemudian tuangkan air larutan bawang merah, Bawang merah mengandung hormon auksin, yaitu hormon yang dapat merangsang pertumbuhan akar. Biarkan bibit terendam seluruhnya. Jangan lupa memberi nama bibit tiap bagian dalam wadah. diamkan sekitar 2-6 jam tergantung besar kecilnya bibit, untuk jenis cabe dapat direndam semalaman.



  • Siapkan tray semai. isi dengan media tanam cocopeat yang telah dicuci bersih, ratakan dan pukul-pukul bagian atasnya agar bagian dalam penuh terisi.Masukkan seed satu persatu jangan lupa diberi label. gunakan pinset untuk meletakkan bibit, tekan sedikit dan tutup tipis-tipis dengan media tanam.
  • Bibit yang sudah Sprout (pecah cangkang) bisa dikenalkan dengan sinar matahari full untuk menjaga etiolasi pada tanaman.
  • Semprotkan Nutrisi ABmix 3:3:1 setiap pagi dan sore untuk menjaga kelembapan dan mempercepat pertumbuhan.
  • Tanaman bisa dipindahkan tempat yang lebih besar saat tanaman sudah mengeluarkan 2 atau lebih daun sejati.
Untuk tanaman jenis sayuran dapat dipanen pada usia kurang lebih 4-5 minggu setelah semai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar