Minggu, 04 Desember 2016

Kenapa Tanaman Hidroponik Layu Disiang Hari?

Gejala layu pada tanaman hidroponik pict. from Facebook

Kenapa Tanaman hidroponik sering layu jika suhu udara panas..? yuk disimak semoga artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan.
Sampai hari ini mungkin masih banyak yang bertanya-tanya: "kenapa sayur (hidroponik) saya kalau siang kok layu? Padahal kondisi akar putih bagus, ppm rendah 600-700 ppm, pH 6, aerator ada dan suhu nutrisi dibawah 30C?"
Mungkin kalau kondisi larutan nutrisinya >1.000 ppm masih bisa dimungkinkan adanya "resiko" akar sulit untuk menyerap air pada waktu transpirasi karena nutrisi terlalu pekat dan akar seperti stress tercekik, tetapi ada juga tanaman yg toleran terhadap ppm nutrisi tinggi.
Jika ppm nutrisi hanya 600-700 ppm dan akar masih sehat atau tidak busuk terserang jamur Fusarium maupun Phytium kok masih layu? Kemungkinannya adalah air baku yang dipakai tidak atau sangat sedikit sekali mengandung Chlorine (Cl). Fungsi Cl bersinergi dengan K dalam mengatur pembukaan dan penutupan "guard cell" pada stomata (mulut daun) yang berfungsi untuk lewatnya gas dan uap air transpirasi tanaman. Kandungan air baku di setiap daerah akan berbeda-beda dan perlu untuk dianalisa di laboratorium untuk mengetahui kandungannya.
Mekanisme pembukaan/penutupan guard cell pada stomata (mulut daun)
Mekanisme pembukaan stomata adalah pada saat ion K+ dipompa ke guard cell maka stomata membuka dan pada saat Cl- yg dipompa ke guard cell maka stomata menutup. Pembukaan guard cell untuk menyerap CO2 dari udara dan penutupan guard cell untuk mengurangi transpirasi atau kehilangan air saat cuaca terik atau kering.
Mengapa pupuk AB Mix tidak mengandung Cl? Karena dari sejarah referensi pupuk hidroponik yang ada (penelitian di luar negeri) pada dasarnya menyatakan bahwa rata-rata air baku sudah mengandung banyak kontaminan terutama unsur B dan Cl, itulah sebabnya mengapa Cl tidak perlu ditambahkan lagi untuk menghindari terjadinya keracunan Cl (toksik). Batas kandungan Cl dalam nutrisi tidak boleh melebihi 100 ppm (J. Benton Jones Jr.). Gejala kekurangan Cl biasanya tanaman mudah layu, untuk toksisitas bisa dilihat pada foto.
Contoh daun tomat yg nutrisinya tidak mengandung Cl (0 ppm)
Jika air baku di daerah sahabat tidak atau sedikit sekali mengandung Cl, maka segera hubungi formulator ABmix sahabat untuk menambahkannya sesuai degan analisa air baku yang dipakai. Jadi bukan masalah nutrisi itu cocok utk daerah rendah panas atau tinggi dingin ya ......

Selamat Mencoba
Copy fro, FB OM Jadmiko Pambudi

1 komentar:

  1. Pada AB Mix memang tdk ada unsur Cl yang ditambahkan, tapi pada KNO3 atau K2SO4 selalu ada Cl residu. Coba cek COA produk tersebut. Unsur Cl sendiri akan berpengaruh pada salinitas air atau menaikan EC. Saya pikir bukan faktor Cl pada tanaman hidroponik yang layu. Layu karena turunnya tekanan turgor pada sel tanaman, mungkin karena N yang berlebihanan.

    BalasHapus