Senin, 05 Desember 2016

Manfaat Tanaman Basil

Manfaat Tanaman Basil

Halo Sobat berkebu... yuk kita baca manfaat dan kandungan dari tanaman basil..
Daun basil diketahui merupakan salah satu jenis dedaunan yang memiliki banyak sekali kandungan gizi, vitamin dan juga mineral. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa daun basil memang memiliki kandungan vitamin, mineral dan zat serta enzim yang sangat kaya. Berikut ini adalah beberapa vitamin dan mineral yang terkandung di dalam daun basil :

Vitamin C
Thiamin
Riboflavin
Niacin
Vitamin B6
Asam Folat
Vitamin B12

Vitamin A
Vitamin E
Vitamin D
Vitamin K
Minyak astiri
Dengan banyaknya kandungan zat dan vitamin yang ada pada daun basil tersebut, maka sudah pasti hal ini mengindikasikan bahwa daun basil memiliki banyak sekali manfaat yang penting bagi tubuh kita. Apa saja manfaat daun basil bagi kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun basil itu sendiri :
1. Melindungi DNA
Manfaat pertama dari daun basil adalah membantu menjaga kesehatan NDA. Cara daun basil menjaga kesehatan DNA ini adalah melindungi DNA dengan menggunakan zat yang dikenal dengan nama flavonoid. Flavonoid merupakan salah satu zat yang terkandung di dalam daun basil, dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA dan infeksi virus di dalam DNA.

Jadi, konsumsi daun basil tentu saja akan menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruham, karena daun basil mampu untuk mencegah DNA anda terinfeksi dari berbagai macam virus yang menyebabkan gangguan kesehatan akibat kerusakan DNA.
2. Anti Bakteri
Daun basil memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah penting. Manfaat lainnya dari daun basil ini yang tidak kalah penting adalah kandungan minyak astiri yang mampu untuk menangkal bakteri masuk ke dalam tubuh. Ya, ada banyak sekali bakteri yang mampu dibunuh oleh kandungan minyak astiri di dalam daun basil ini.

Bagi anda yang selalu ingin hidup sehat tanpa terserang penyakit berbahaya akibat bakteri, penggunaan konsumsi dan ini tentu saja sangat efektif untuk digunakan. Karena mampu membunuh berbagai macam bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti Listeria monocytogenes, staphylocus aureus dan sebagainya.
3. Anti Inflamasi
Apakah anda sering mengalami gejala peradangan di dalam tubuh anda? peradangan bisa terjadi di mana saja, mulai dari bagian luar tubuh, seperti wilayah kulit dan bagian mulut, hingga ke bagian dalam tubuh, seperti radang tenggorokan, radang usus, hingga radang pada organ-organ dalam yang memiliki peran dan fungsi yang sangat vital.

Untuk mencegah dan menyembuhkan hal ini, dapat mencoba untuk mengkonsumsi daun basil. Daun basil memiliki kandungan minyak astiri yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah peradangan alias anti inflamasi. Ketika anda mengalami peradangan di dalam tubuh, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan manfaat daun basil di dalamnya, sehingga mampu untuk meredakan peradangan yang anda alami.
4. Mampu menjaga kesehatan jantung
Manfaat lainnya dari daun basil yang tidak kalah penting dengan beberapa manfaat diatas adalah mampu untuk menjaga kesehatan jantung. Ya, daun basil memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memperbaiki dan mempertahankan kinerja jantung.

Hal ini akan membuat jantung menjadi lebih sehat, dengan kinerja yang optimal, sehingga dapat mengurangi resiko terserang berbagai macam gangguan kesehatan yang menyasar jantung anda, seperti gagal jantung dan serangan jantung. Kondisi jantung yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai macam kasus kematian mendadak yang sangat mengkhawatirkan banyak orang.
5. Menjaga daya tahan tubuh
Manfaat berikutnya dari daun basil adalah mampu menjaga daya tahan tubuh anda. hal ini sangat berkaitan erat dengan kandungan berbagai macam vitamin dan juga mineral yang ada pada daun basil ini. terutama, kandungan vitamin C yang ada pada daun basil ini, membuat daun basil merupakan salah satu jenis dedaunan yang mampu untuk menjaga daya tahan tubuh anda dalam level yang optimal.

Dengan daya tahan tubuh yang terjaga dengan baik ini, tentu saja akan terhindar dari banyak sekali penyakit yang muncul. Akibat kurangnya daya tahan tubuh seperti flu dan juga batuk. Selain itu, dengan daya tahan tubuh yang baik, anda juga tentu saja mampu untuk beraktivitas dengan lebih baik lagi selama seharian penuh. Tanpa mudah merasa lelah, dan merasa terganggu kesehatannya.
6. Menangkal radikal bebas
Efek lainnya dari kandungan vitamin yang ada di dalam daun basil adalah menangkal radikal bebas. Ya, berbagai jenis vitamin yang ada pada daun basil mampu untuk menghasilkan zat antioksidan. Zat antioksidan ini kemudian dapat membantu anda dalam mencegah infeksi dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anda. radikal bebas merupakan salah satu biang keladi dari munculnya berbagai macam penyakit, seperti penyakit kanker contohnya. Hal ini kemudian bisa disimpulkan bahwa daun basil merupakan salah satu jenis daun yang mampu untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah tubuh dalam terinfeksi penyakit berbahaya, seperti penyakit kanker.

Sumber : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar