Rabu, 08 Agustus 2018

Nutrisi Tanaman Hidroponik


Kebutuhan dasar tanaman untuk bisa tumbuh dengan baik selain air (H2O) udara (CO2 dan O2) dan cahaya matahari adalah Nutrisi.
Unsur-unsur kimia nutrisi esensial yang dibutuhkian tanaman untuk tumbuh ada sekitar 16-17 unsur yang terdiri dari :

  • Unsur Makro: C, H, O, N, P, K, Ca, Mg, S
  • Unsur Mikro: Fe, B, Mn, Zn, Cu, Mo, Cl

Sedangkan beberapa ilmuan menambahkan unsur Ni ke dalam unsur esensia, tetapi tidak semua species tanaman tingkat tinggi memb utuhkan unsur tersebut.

Unsur C, H, O didapatkan tanaman dari udara dan air. Sedangkan sisa unsur lainnya (N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, B, Mn, Zn, Cu, Mo, Cl) biasanya disuplai dari bahan pupuk.

Unsur yang dibutuhkan tanaman dikatakan esensial jika:
1. Tanaman tidak dapat melengkapi siklus hidupnya jika tidak ada salah satu unsur esensial yang dimaksud
2. Fungsi dari unsur esensial tersebut tidak dapat digantikan penggunaannya oleh unsur yang lain
3. Unsur esensial yang dimaksud haruslah terlibat langsung di dalam metabolisme tanaman, misalnya sebagai pembentuk enzim tanaman dll.

Secara garis besar nutrisi hidroponik haruslah dapat mensuplai kebutuhan esensial tanaman minimal 13 unsur esensial selain C, H dan O yaitu N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, B, Mn, Zn, Mo, dan Cl).



Menurut Petra Marschner (Marschner's Mineral Nutrition of higher plans 3rd Edition, 2012), Unsur Si tidak dapat digolongkan ke dalam unsur esensial karena efek stimulasinya yang menyebabkan peningkatan penyerapan Mn oleh tanaman yang menyebabkan toksisitas Mn pada tanaman. Demikian pula denvan unsur Na yang fungsinya dapat digantikan oleh unsur K dalam tanaman.

Pupuk dapat diserap oleh tanaman hanya dalam bentuk "ion", baik itu yang bermuatan listrik positif (+) atau kation maupun yang bermuatan listrik negatif (-) atau anion. Jadi jika bahan pupuk masih dalam bentuk senyawa kompleks (Belum dilarutkan) maka tidak dapat diserap oleh tanaman. Demikian juga dengan senyawa kompleks bahan -bahan organik yang tidak dapat diserap oleh tanaman secara langsung jika belum didekomposisi menjadi mineral dan larut sebagai pupuk dalam bentuk ion.

Sumber : Belajar Ilmu hidroponik FB Page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar