Rabu, 01 Januari 2020

Rambu-rambu Meracik Nutrisi ABmix

Assalamu Alaikum sahabat Kebun Dzikri

Hal yang tidak kalah penting dalam berkebun dengan metode hidroponik adalah Nutrisi tanaman atau yang lebih dikenal dengan ABmix.
ABmix berperan penting sebagai pengganti unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman yang biasanya didapatkan didalam tanah.

Sebagai praktisi hidroponik, sebaiknya sahabat menguasai teknik meracik nutrisi ABmix sendiri, jadi  bisa lebih hemat dalam pengeluaran biaya produksi, dibandingkan dengan membeli nutrisi ABmix yang sudah jadi yang beredar di pasaran.
Nah..! dalam meracik ABmix tentunya diperlukan rambu-rambu khusus untuk meraciknya agar nutrisi racikan yang dihasilkan bisa berfungsi sempurna dan tidak menimbuk\lkan error pada tanaman bila sudah diaplikasikan ke tanaman hidroponik.

Untuk melihat rambu-rambu atau kaidah dasar dalam meracik nutrisi ABmix, silahkan dilihat pada tabel dibawah ini 


Pada tabel diatas ada beberapa macam unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dan range atau kisaran seberapa besar unsur tersebut dibutuhkan oleh tanaman.

sebagai contoh dapat sahabat lihat unsur Sodium (Na) hanya dibutuhkan kurang dari 50 ppm, jika diberikan diatas 50 ppm Sodium maka akan berakibat toxic atau menunjukkan gejala keracunan pada tanaman.

contoh lainnya unsur Potassium (P) boleh diberikan pada kisaran 100-300 ppm.
Jadi intinya jika sahabat ingin meracik ABmix sebaiknya jangan pernah keluar dari range pemberian unsur hara seperti yang ditunjukkan pada tabel diatas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah sekilas mengenai kaidah atau rambu-rambu dalam meracik ABmix untuk tanaman hidroponik.
semoga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian. Silahkan tinggalkan komentar sahabat, jika masih ada pertanyaan sekitar meracik ABmix sendiri, 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar