Rabu, 15 Februari 2017

Cara mudah mencangkok tanaman Tin

Hasil Cangkokan Tin 

Sobat kebun Dzikri tau tidak dengan tanaman yang satu ini? tentunya sudah tau dong.. yup benar sekali ini adalah tanaman Tin yang namanya diabadikan dalam kitab suci Al-Quran. Tin atau Fig atau biasa juga disebut dengan ara mempunyai segudang manfaat utamanya duntuk kesehatan tubuh kita, karena mampu mencegah dan mengobati beberapa macam penyakit.

Cara memelihara tanaman yang satu ini juga terbilang cukup mudah, demikian juga dengan cara memperbanyaknya. cukup dengan cara mencangkok batang kita bisa dengan mudah memperoleh tanaman tin yang baru untuk ditanam lagi.

berikut kebun dzikri akan membagikan salah satu teknik mencangkok tanaman tin dengan mudah dan tanpa ribet. yuk langsung saja ya..

  1. Kerat batang tanaman tin, buang kulit batangnya dan bersihkan semua kambium yang melekat lalu biarkan diangin-anginkan selama 1 hari.
  2. Oleskan larutan perangsang akar dapat dibeli di toko-toko pertanian dengan berbagai merek dagang (yang sederhana dapat dibuat dari parutan bawang merah) diseluruh bagian batang yang dikerat, lalu biarkan diangin-anginkan selama 1 hari.
  3. Tutup batang yang sudah dikerat dan diberi olesan perangsang akar dengan plastik berwarna hitam agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Munutupnya cukup dengan longgar saja agar nantinya akar dapat bergerak bebas.
  4. Tunggu selama kurang lebih 1-2 minggu. jika berhasil maka akan keluar akar seperti pada gambar
  5. Hasil cangkokan tanaman tin yang baru siap dipotong dan ditanam kembali. 

Demikianlah cara mudah mencangkok tanaman Tin tanpa ribet

*Foto Credit to FB Acc Lili Rizwan Zaelani

2 komentar:

  1. Wahhh,,, kerennn,,ini dia cara mencangkok tin dgn sgt mudah,,,thanks p.muchlis

    BalasHapus