Senin, 13 Februari 2017

Cara Tepat Mengencerkan Larutan Nutrisi ABmix

Pengukuran ppm dan pH air nutrisi
Halo sobat Hidroponik yuk kita bahas mengenai Cara yang tepat mengencerkan larutan nutrisi AB Mix
Jika ingin membuat larutan nutrisi AB Mix, manakah yg dilarutkan terlebih dahulu ke dalam air? Larutan mix A atau larutan mix B terlebih dulu?
Mungkin jawaban yg "umum" adalah larutan mix A dilarutkan lebih dahulu, baru kemudian larutan mix B. 

Untuk lebih jelasnya mari kita tinjau sejenak komponen bahan baku pembuat nutrisi AB Mix:
Larutan mix A biasanya mengandung Ca (Kalsium), K (Kalium) dan golongan "Nitrate" lainnya, sedangkan larutan mix B biasanya mengandung golongan pupuk "Phosphate" dan "Sulfate".

Ca (dalam keadaan pekat) jika bertemu dengan Phosphate/Sulfate akan menyebabkan terjadinya "presipitasi" atau pengendapan menjadi Ca-Sulfate (gypsum) atau Ca-Phosphate (senyawa pembentuk tulang dan gigi) yg tidak dapat diserap oleh tanaman.

Ca sangat rentan juga terhadap kondisi alkaline (basa). Jika pH air baku >7 (air sumber/PDAM) dikhawatirkan akan terjadi presipitasi juga meskipun "tidak kasat mata" yg mempengaruhi rendahnya penyerapan unsur Ca oleh tanaman. Apalagi jika pH nutrisi meningkat hingga 8-10, Ca tidak tersedia bagi tanaman sehingga menyebabkan "tip burn" pada tomat dan tanaman lainnya

Bahan pupuk golongan Phosphate biasanya menurunkan pH air nutrisi.

Pada foto bisa dilihat proses pelarutan pupuk AB Mix dengan urutan "larutan mix B" terlebih dahulu yg bisa menurunkan pH air baku dari 7.2 menjadi 6.8 yg kemudian cukup baik untuk melarutkan "larutan mix A" agar tidak terjadi presipitasi. Larutan Mix B harus dilarutkan sempurna (diaduk merata) terlebih dahulu sebelum mencampurkan larutan mix A.
Kesimpulan sementara adalah lebih baik melarutkan "larutan mix B" lebih dahulu baru kemudian disusul dengan "larutan mix A" agar terhindar dari presipitasi Ca meskipun tidak kasat mata .....
Keterangan gambar:
- kanan: pH dan ppm air baku
- tengah: pH dan ppm larutan mix B
- kiri: pH dan ppm larutan mix B + larutan mix A

*Sumber : Facebook Akun milik Bapak Djadmiko Pambudi

2 komentar:

  1. Mau tanya pak/ibu, tempat jual perlengkapan hidroponik wilayah makassar dmn? Mohon infonya thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menjual perlengkapannya pak. Domisili saya di makassar. Silahkan add sy WA 081242081059

      Hapus