Jumat, 10 Agustus 2018

Formula ABMix Sayuran daun


Bismillah..
Assalamu Alaikum sahabat Kebun Dzikri..

Pada post kali ini kami akan membagikan formula untuk meracik sendiri pupuk ABmix dengan bahan-bahan pupuk yang ada dipasaran.
Penasaran,,? yuk disimak baik-baik ya..
Alat-alat yang akan digunakan adalah : Sendok untuk menakar pupuk, timbangan digital makro dan mikro, wadah untuk menampung hasil timbangan.

Bahan-bahan pupuk abmix ini akan menggunakan 7 bahan pupuk.

Untuk bahan-bahannya terbagi atas dua bagian, yaitu bagian A dan bagian B.
Bagian A terdiri atas pupuk Yara Liva Calcinit. Sedangkan bagian B terdiri atas pupuk Yara Krista MKP, Meroke Kalinitra, Meroke MAG-S, ZA Ammonium Sulphate, Potassium Sulphate dan pupuk mikro Librel BMX.

Adapun timbangan masing-masing bahan adalah sebagai berikut:
Part A
1. Yara Liva Calcinit 207.003 gr
2. Meroke Kalinitra 131.676 gr

Part B
1. Yara Krista MKP 55.593 gr
2. Meroke MAG-S 129.362 gr
3. ZA Ammonium Sulphate 1.122 gr
4. Potassium Sulphate 11.136 gr
5. Librel BMX 14.239 gr

Silahkan ditimbang baik-baik ya menggunakan timbangan digital agar hasil lebih presisi. Hasil timbangan bahan diatas akan menghasilkan ppm akhir pupuk seperti tertera pada gambar dibawah.


Untuk takaran pengenceran pupuk abmix menjadi pekatan pupuk A dan B masing-masing menggunakan air 500ml. Untuk penggunaan ke tanam menggunakan takaran 5ml untuk setiap liter air, nantinya akan menghasilkan EC sebesar 2.2mS/cm.
Tabel  kontribusi masing-masing elemen pupuk

Nah, itu dia Formula ABMix untuk sayuran daun secara umum lengkap dengan jumlah timbangan masing-masing bahan yang digunakan. Untuk bahan-bahannya sendiri banyak dijual pada toko-toko pertanian, jika kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahannya pada toko-toko pertanian di wilayah kalian, bahan-bahannya banyak juga dijual secara online di Marketplace-marketplace di Indonesia.
Selamat mencoba ya sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar