Kamis, 18 Oktober 2018

Beberapa Manfaat Kulit Pisang Yang Jarang Diketahui Orang

Limbah Kulit Pisang Sumber Sri Ariani FB Page
Assalamu alaikum Sahabat. Sudah tau belum kalo ternyata kulit pisang itu bermanfaat juga..? Kalo belum tau, yuk langsung aja disimat apa-apa saja manfaat dari limbah kulit pisang tersebut.
  1. Pupuk Kompos Alami. Ternyata limbah dari kulit pisang itu bisa dimanfaatkan menjadi pupuk untuk tanaman lho.. dengan cara dibuat menjadi kompos yang nantinya akan digunakan untuk memupuk tanaman kita, kompos dari kulit pisang banyak menghasilkan kalium dan fospor untuk memacu pertumbuhan akar tanaman dan mengurangi gugurnya calon bunga atau buah tanaman. Kulit pisang dapat juga dibuat menjadi kompos siram dengan cara, menambahkan kulit pisang kedalam ember atau drum lalu beri air kemudian aduk, diamkan hingga seminggu dan setelah itu kalian bisa menggunakan olahan seminggu yang lalu untuk menyirami tanaman kebun ataupun tanaman hias yang berada didalam pot.
    Ini dapat menjadi makanan ekstra bagi tanaman budidaya, beri secara teratur dalam sebulan sekali. Kalium serta fosfor dalam kulit pisang akan memberikan tanaman dorongan energi supaya tanaman dapat tumbuh kuat.
  2. Nutrisi untuk Bibit tanaman. Caranya adalah siapkan media tanam untuk bibit tanaman yang akan kita tanam, bisa dengan menggunakan polibek, pot atau dengan langsung pada media tanah, potong satu bagaian kulit pisang menjadi kecil-kecil. Kemudian masukan kedalam tanah dengan kedalaman sesuai dengan akar tanaman.
    Cara ini diyakini dapat memberikan dorongan nutrisi yang akan membantu dalam perkembangan akar dan ketahanan terhadap penyakit. Pastikan bahwa benih dan bibit tidak langsung menyentuh kulit pisang hal ini karena dapat membakar dan merusak akar dan biji.
  3. Pupuk dari Kulit Pisang Kering. Keringkan kulit pisang pada terik matahari kemudian giling hingga lumayan halus atau ditumbuk atau dicincang kecil-kecil dan masukkan ke dalam polibek atau pot atau tanah di kebun.
    Ini akan memiliki efek yang sama seperti kompos, tapi tanpa bahaya membakar tanaman. Kenapa? karena telah dilakukan proses pengeringan dengan efek panas matahari. Ini adalah teknik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan.
  4. Menyingkirkan kutu dan Serangga. Mengubur beberapa potongan kecil dari kulit pisang matang, di bawah permukaan tanah di sekitar tanaman kebun yang rentan terhadap kutu daun.
    Hama taman seperti kutu daun tidak suka gas yang dipancarkan kulit pisang. Tapi gunakan jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan masalah lain. Sepeti tikus yang akan mencari sumber tersebut alias mengambil kulit pisang tersebut.
  5. Pembersih Alami. Manfaat kulit pisang sebagai pembersih, jika kalian penyuka tanaman hias maka tidak ada salahnya mencoba dengan menggunakan kulit pisang sebagai pembersih pada daun tanaman hias, caranya dengan menggosokkan sisi putih atau bagian dalam kulit pisang kepada daun atau batang tanaman hias.
    Hal ini berguna agar tanaman lebih kinclong dan menarik sekaligus menghilangkan debu serta kotoran yang menempel. Dapat dicoba pada tanaman hias seperti gelombang cinta namun jangan pada kaktus hehe, mudah bukan?
  6. Pakan Ternak. Manusia bukan satu-satunya yang menikmati kulit pisang. Ternak seperti ayam serta kelinci. Juga suka terhadap kulit pisang namun dengan uji coba terlebih dahulu, tentunya dengan mencampurkan makanan pokok dan sertakan kulit pisang dalam prosentase yang kecil.
    Serta pastikan untuk membersihkan kulit pisang terlebih dahulu untuk menghindari dari pestisida yang menempel, gunakan ransum pakan ini secara hati-hati, karena mungkin efeknya bisa berbeda.
    Maka penting untuk uji coba secara sederhana terlebih dahulu, karena bagaimanapun limbah ini dapat menjadi alternative ransum yang murah.
Nah itu dia beberapa manfaat dari limbah kulit pisang ya sahabat.. semoga bermanfaat.

Sumber: Sri Ariani FB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar