Rabu, 01 Januari 2020

Alternatif Pengganti Rockwool Menanam Kangkung Pakai Tissu

Assalamu Alaikum sahabat Kebun Dzikri..


Salah satu media tanam hidroponik yang paling sering dan mudah digunakan adalah media tanam Rockwool, karena terkenal sangat bagus dalam menyerap dan menyimpan air sehingga sangat bagus digunakan  sebagai media tanam untuk tanaman hidroponik.
namun tidak semua daerah atau tempat kita bisa dengan mudah menemukan rockwool untuk media tanam ini. yang menjadi masalah ketika didaerahmu sulit atau bahkan tidak ditemukan penjual media tanam ini.
Nah.. pada postingan kali ini kami akan mencoba memberikan alternatif media tanam sebagai pengganti rockwool apabila di tempat kalian sulit didapatkan rockwool untuk berhidroponik. Kali ini kita akan mencoba menggunakan tissu dapur sebagai pengganti media tanam rockwool.

Berikut bahan dan system hidroponik yang akan kita gunakan.
  1. Tissu dapur/napkin tissu/hand towel
  2. Benih kangkung
  3. System hidroponik rakit apung dengan diameter lubang tanam 1.5 cm
Disimak ya langkah-langkahnya..

Siapkan tissu, kemudian dipotong menjadi 2 bagian, lalu dilipat memanjang dan lipat lagi sehingga menjadi lebih kecil.






Setelah itu, isikan benih kangkung kedalam lipatan tissu tersebut sebanyak kurang lebih 10 sampai 15 butir biji kangkung, lalu bungkus dengan cara menjumput sekali saja. kemudian masukkan kedalam lubang tanam system rakit apung





Biasanya dalam 2 atau 3 hari sudah mulai berkecambah, dalam 5 hari daun sudah mulai tumbuh panjang dan akan menumbuhkan daun sejati pada 10 atau 12 hari setelah semai.





Bisanya dalam 20 sampai 25 hari tanaman kangkung sudah siap untuk dipanen, 
demikianlah teknik menanam kangkung dengan menggunakan tissu sebagai alternatif pengganti rockwool. Selamat mencoba ya sahabat kebun dzikri semuanya, semoga artikel ini bisa membantu sahabat yang kesulitan untuk mendapatkan rockwool sebagai media tanam hidroponik.

sumber artikel FB milik Pak Ronny Tanumiharja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar